Minggu, 19 April 2020

HOW TO PREVENT CORONAVIRUS (COVID-19)

Halo teman-teman! 
Bagaimana kabar kalian? Aku harap semuanya sehat yaa! Mungkin semuanya sekarang sedang khawatir untuk menghadapi covid-19 atau virus corona. Sebelumnya kita kenali yuk apa itu virus corona atau covid-19.

Pengertian Corona Virus (Covid-19)
Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome CoronavVirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini punya kemampuan memperbanyak diri sehingga penyebarannya begitu cepat. Virus ini menular lewat droplet atau percikan cairan tubuh. Penularannya cukup simpel yaitu saat kita bersin atau batuk tanpa menutup hidung dan mulut, percikan itu mengenai orang lain dan orang tersebut menyentuh wajah atau bagian tubuh lainnya maka virus tersebut akan cepat masuk dalam tubuh dan memperbanyak diri. 
Gejalanya meliputi:
  • Demam (suhu tubuh berada di atas 38 derajat celcius)
  • Batuk
  • Sesak napas 
Namun, tidak usah khawatir karena kita bisa mencegahnya mulai dari diri sendiri, teman. Bagaimana caranya? Yuk kita simak!

1. Jaga kesehatan
Perlu kita ketahui, corona virus atau covid-19 ini dapat diperangi oleh kekuatan imun / kekebalan tubuh kita sendiri, guys. Jadi, konsumsi makanan yang bergizi, yuk! Jangan lupa juga untuk mengonsumsi multivitamin ya, guys! 

2. Rajin mencuci tangan
Secara lebih detail, virus sebenarnya terbentuk dari tiga komponen utama, yakni ribonucleic acid (RNA), protein, dan lipid (lemak). Mencuci tangan menggunakan air yang mengalir memang bisa saja dilakukan, namun air tidak cukup untuk menghilangkann virus yang menempel. Air tidak cukup kuat untuk memisahkan virus yang lengket dengan permukaan kulit. Lain halnya dengan air sabun.  Sabun mengandung sejenis lemak yang disebut sebagai amphiphiles. Amphiphiles ini secara struktur sangat mirip dengan lemak yang ada di membran virus. Sehingga molekul-molekul sabun dapat 'bertarung' dengan lemak yang ada di membran virus. Inilah cara yang kurang lebih sama, ketika sabun bekerja menghapus kotoran dari kulit. Sabun tidak hanya melepaskan virus yang melekat dengan kulit, namun juga memisahkan ketiga komponen pembentuk virus, yakni protein, RNA, dan lemak yang menyatu. Jadi, rajin-rajin cuci tangan, yuk!

3. Terapkan etika batuk dan bersin
Untuk mencegah penularan virus, kita harus memiliki etika batuk dan bersin ya, kawan. Kita tidak bisa sembarangan batuk atau bersih tanpa menutupnya. Namun, perlu diingat, kita tidak boleh menggunakan telapak tangan saat menutup batuk atau bersin. Kita harus menggunakan tissue untuk mencegah virus bertebaran ke sekitar kita. Mengapa tidak bileh menggunakan telapak tangan? Karena, jika kita batuk atau bersin menggunakan telapak tangan untuk menutupnya, virus dapat menempel di telapak tangan kita, jika kita tidak langsung mencuci tangan kita dengan sabun maka kita berpotensi membawa virus kemana-mana dan berpotensi pula untuk menularkannya kepada orang lain saat kita berjabat tangan atau melakukan sentuhan terhadap orang lain. Atau jika kita tidak memiliki atau tidak membawa tissue pada saat itu, kita bisa menggunakan lengan/siku untuk menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, sehingga hal ini dapat menimalisir penularan virus lewat droplet. Di ingat ya teman-teman etika batuk dan bersin yang baik!

4. Menjaga Jarak 
Menjaga jarak dengan teman atau orang lain sangatlah penting pada kondisi saat ini. Pemerintah pun telah menganjurkan kita untuk menjaga jarak minimal satu meter untuk mencegah kita kontak langsung dengan orang lain. Mengapa hal ini penting? Karena saat kita berpapasan dengan orang lain dan tidak sengaja ada kontak fisik kita tidak tahu apakah orang tersebut membawa virus atau tidak. Kalau orang tersebut membawa virus maka kemungkinan besar kita juga akan terkena/terpapar virus yang orang lain bawa. Oleh karena itu, menjaga jarak sangatlah penting untuk mencegah kita terkena virus ini, jadi #Stayathome ya teman-teman! #Dirumahaja yuk!


5. Gunakan masker
Penerapan social distancing terkadang ada hambatan karena masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di luar rumah. Namun, jangan khawatir teman-teman. Kita dapat menggunakan masker saat kita terpaksa harus keluar rumah. Karena masker dapat mencegah virus mengenai wajah kita secara langsung. Jadi, jangan lupa gunakan masker ya teman-teman saat tidak di rumah.

6. Hindari makan daging
Hindari makan daging bukan berarti kita tidak boleh makan daging nih, teman-teman. Namun, kita dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang. Karena daging yang tidak dimasak matang kemungkinan masih terdapat bakteri/virus yang menempel. Jika kita memakannya maka kemungkinan besar virus akan menyerang kita juga, guys. Jadi, masak daging dengan benar ya untuk mencegah kita tertular covid-19.

Selalu jaga kesehatan ya, guys. Jangan lupa berolahraga agar tubuh tetap bugar sehingga imun tubuh tetap terjaga. Sekian informasi yang bisa aku berikan. Jika ada salah kata mohon koreksinya ya teman-teman. Stay safe, stay healthy, and stay at home, guys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Melakukan Kegiatan Positif ditengah Pandemi COVID-19 Hai teman-teman! Bagaimana kabarnya? Pasti sudah bosan ya dirumah ter...